Pembuatan Aplikasi berbasis Server

serverbase

Usaha yang semakin besar dengan cabang yang mulai tersebar dibeberapa lokasi, sehingga membutuhkan sebuah sistem yang bisa mengintegrasikan semua lini, dan dengan semakin cepat dan mudahnya jaringan internet yang tersedia sehingga aplikasi-aplikasi berbasis server sangat dibutuhkan dewasa ini, keuntungan dari aplikasi berbasis server adalah sebagai berikut :

  1. Dapat di akses di banyak tempat, oleh banyak orang sehingga lebih optimal dalam pengelolaan data
  2. Memudahkan dalam mutasi data dari satu lokasi ke lokasi lainnya.
  3. Lebih aman dari serangan virus karena aplikasi berbasis server sudah mengunakan Database Aplikasi yang umumnya sudah dilengkapi dengan procedure pengamanan yang prima.

Pada umumnya kita sudah menikmati banyak aplikasi yang berbasis server yang umumnya kita gunakan dalam bentuk aplikasi berbasis web. Web-web seperti E-Commerce seperti Lazada, Buka Lapak, Tokopedia dan lain-lain merupakan salah satu contoh aplikasi berbasis server yang mana mengabungkan beberapa Server Base Application untuk mendukung aplikasi web tersebut, yang antara lain terdiri dari : Apache Web Server, PHP Engine, MySQL Database, Tiny Firwall dan banyak aplikasi lain guna menciptakan aplikasi tersebut dapat berjalan dengan baik di jaringan internet.

Aplikasi berbasis server tidak hanya untuk kebutuhan tersebut diatas saja tetapi dapat digunakan untuk kebutuhan usaha sehingga 1 aplikasi dapat dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan usaha disemua cabang yang ada. Salah satu bisnis yang sangat mengandalkan ServerBase Application adalah jasa Perbankan, dimana Server di pusat mensuuport semua data bagi semua cabang yang dimiliki oleh bank tersebut.